entry image

Wujudkan Ketahanan Pangan Keluarga

Pangan adalah  salah satu kebutuhan pokok keluargga disamping  sandang  dan perumahan. Pangan (baca: bahan makanan) adalah untuk memperkuat tubuh dan kesehatan, karena itu diperlukan makanan yang sehat dan bergizi, sehingga manusia menjadi sehat dan  tidak mudah diserang penyakit.  Untuk itu diperlukan makanan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman untuk dikonsumsi.

Dr.Tiurma Sinaga, MFSA , dari Departemen Gizi Masyarakat FEMA IPB Bogor mengatakan, ada empat pilar gizi seimbang, patut menjadi perhatian keluarga, pertama; mengkonsumsi aneka ragam pangan  sesuai dengan kebutuhan gizi, kedua; membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat, ketiga; melakukan aktivitas fisik , keempat; memantau Berat Badan (BB) secara teratur untuk mempertahankan berat badan normal.

Cara menyusun menu konsumsi bergizi, beragam, seimbang dan aman (B2SA) untuk keluarga, menurut Tiurma, Tentukan jumlah dan komposisi anggota keluarga berdasarkan usia, jenis kelamin,  aktivitas, berat badan ideal. tentukan porsi kebutuhan pangan yang dibutuhkan oleh keluarga sesuai dengan kebutuhan gizi, Pilih jenis bahan pangan yang beragam, bergizi seimbang dan aman untuk memenuhi kebutuhan pangan.

Tiur menambahkan, hitung belanja pangan sesuai dengan anggaran belanja yang ditetapkan , pilih rencana menu dan resep yang sesuai, dan susun menu B2SA sesuai dengan kebutuhan, harga, potensi sumber daya lokal, pilihan dan kebiasaan makan keluarga (makan pagi, siang dan malam), tambahnya

Hal ini disampaikan oleh Dr.Tiurma Sinaga, MFSA sebagai nara sumber pada Lokakarya Penganekaragaman Konsumsi Pangan Riau pada Rabu (25/4/2018) bertempat di hotel Alpha, Pekanbaru. (HAS)