entry image

Peringatan HPSN, 900 kg Lebih Sampah Plastik Terkumpul di Tiga Lokasi di Riau

KAMPAR - Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019 diperingati Balai Besar KSDA Riau serentak dengan UPT Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Ditjen KSDAE di seluruh Indonesia pada hari Senin (4/3/2019).

Pada Balai Besar KSDA Riau, bakti Rimbawan peduli sampah dipusatkan di tiga lokasi yaitu Taman Wisata Alam (TWA) Buluh Cina, TWA Sungai Dumai dan apel bersama dalam rangka HPSN 2019 di Kabupaten Kampar.

Dengan moto nasional Kelola Sampah Untuk Hidup Bersih, Sehat dan Bernilai serta mengambil tagline "Bersih Bisa Kok", dilaksanakan TWA Buluh Cina dengan melibatkan sekitar 100 orang yang terdiri dari pegawai Balai Besar KSDA Riau, siswa sekolah dari tingkat SD sampai SMA, Pemerintah Kabupaten Kampar dan masyarakat sekitar TWA Buluh Cina.

Sementara di TWA Sungai Dumai kegiatan diikuti oleh sekitar 90 orang, yang terdiri dari Pegawai Bidang KSDA Wilayah 2 Dumai, Seksi 3 Duri, Seksi 4 Dumai, siswa SMP, SMA, Dinas Lingkungan Hidup Kota Dumai, KPH unit 3 Dumai Bagan Siapiapi, KPA Rimba Pesisir, Pecinta Alam Bahari dan tak ketinggalan Kelompok Tani Hutan Maju Lestari Kelurahan Bukit Timah binaan Balai Besar KSDA Riau.

Apel Hari Peduli Sampah Nasional juga dilaksanakan oleh Pemkab Kampar yang dipimpin langsung oleh Bupati Kampar, Catur Sugeng Susanto dihadiri oleh Kepala Balai Besar KSDA Riau beserta jajarannya, P3ES Regional Sumatera, TNI/POLRI, DPD Kab Kampar, Instansi Daerah, pelajar dan masyarakat dengan total peserta sekitar 1.300 orang.

Pada kesempatan ini dilakukan video call Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar dengan Bupati Kampar. Setelah itu peserta apel langsung melaksanakan sosialisasi peduli sampah nasional di Pasar Atas Kota Bangkinang.

Dijelaskan Kepala Balai Besar KSDA Riau, Suharyono, untuk perhitungan sampah plastik secara keseluruhan berjumlah 924,8 kg, dengan rincian sampah plastik dari TWA Buluhcina sebanyak 74,8 kg, sampah plastik dari TWA Sungai Dumai berjumlah 500 kg yang berasal dari dalam kawasan dan sungai sekitar TWA Sungai Dumai serta sampah plastik dari kota Bangkinang seberat 350 kg. Sedangkan sampah kertas di kota Bangkinang berjumlah 35 kg dan sampah organik sejumlah 5.000 kg.

"Acara HPSN 2019 telah mengumandangkan akan arti pentingnya perhatian terhadap sampah. Mari kita wujudkan peduli sampah di lingkungan sekitar kita agar budaya bersih, sehat dan bernilai tetap terjaga," ujar Suharyono. (*)


Sumber : TribunPekanbaru.com