entry image

AWAS ISPA : Tanaman Alami untuk Mengatasi Penyakit ISPA

ISPA atau Infeksi Saluran Pernapasan Akut adalah infeksi pada gangguan pernapasan yang dsebabkan adanya infeksi dari virus-bakter. Jika ISPA tidak dengan cepat ditangani, maka infeksi dapat menyebar keseluruh sistem pernapasan dan pada kasus lebih fatal, ISPA dapat menyebabkan kematian.

Penyakit ISPA dapat menyerang siapa saja, dari bayi hingga dewasa. Untuk itu pengobatan ISPA harus segera dilakukan sebelum ISPA menjadi lebih parah atau bahkan sampai menular. Anda dapat melakukan berbagai macam pengobatan untuk mengatasi ISPA, salah satunya mengunakan cara alami.

Cara mengobati ISPA secara Alami adalah pilihan tepat untuk mengatasi penyakit saluran pernafasan tersebut, selain karena mudah dilakukan dan tidak memerlukan biaya tinggi, cara alami ini cenderung lebih aman dilakukan karena tidak memberikan efek samping yang bisa lebih membahayakan penderita ISPA. berikut tanaman alami untuk mengatasi penyakit ISPA :

1. Ramuan Cabe Jawa
Ramuan cabe jawa dinilai cukup efektif untuk membantu mengobati penyakit ISPA. Cara membuat ramuan tersebut adalah dengan menyiapkan beberapa bahan ramuan seperti :

  • 5 gram cabe jawa
  • 1 gram biji pala
  • 8 gram jahe
  • 6 gram lempuyang
  • 6 gram kencur
  • 5 gram kunyit
  • 0,5 gram lada
  • 20 gram gula aren
  • 150 ml air
  • garam secukupnya

Cara membuat ramuan tersebut, iris tipis jahe, lempuyang, kencur, dan kunyit, rebus dengan 150 air dan tambahkan cabe jawa dan biji pala. Tunggu hingga mendidih, matikan api lalu tambahkan gula aren dan garam. Saring dan minum ramuan 2 kali sehari pada pagi dan sore hari.

2. Ramuan Bandotan

Ramuan selanjutnya untuk mengobati masalah ISPA adalah dengan menggunakan tanaman bandotan. Tanaman bandotan sering kita temui di pekarangan rumah bertanah subur. Cara membuta rambuan dengan tanaman bandotan adalah menggunakan beberapa bahan seperti :

  • 1 genggam tanaman bandotan (daun, bunga dan batang)
  • 1 genggam tanaman pecut kuda (daun, bunga dan batang)

Cara membuat ramuan ini yaitu dengan rebus bahan ramuan tersebut dengan 3 gelas air hingga mendidih dan tertinggal sekitar 2 gelas ramuan. Saring dan minum ramuan tersebut 8 kali sepanjang hari.

3. Ramuan Daun Karuk

Ramuan selanjutnya untuk mengobati ISPA adalah dengan mengunakan daun karuk. Meskipun terdengar masih asing daun karukan efektif untuk mengobati ISPA atau Asma. Cara menggobati ISPA dengan daun karukan adalah dengan Siapkan daun karuk, cuci bersih dan tumbuk halus agak halus, dan usapkan ramuan tersebut pada dada dan punggung.

4. Bawang Putih

Bawang putih memiliki sifat antiseptik yang baik untuk mengatasi berbagai jenis penyakit yang disebabkan bakteri tak terkecuali dengan infeksi ISPA. Cara mengobatinya yaitu dengan siapkan bawang putih, jahe dan daun sirih. CUci bersih lalu rebus hingga mendidih, minum ramuan tersebut secara rutin untuk mengoptimalkan penyembuhan ISPA.

5. Bunga Krisan

Bunga krisan mengandun anti-biotik maupun anti-radang, sehingga bunga krisan juga efektif untuk mengatasi berbagai penyakit terutama pada alat pernafasan, dan infeksi pernafasan. Cara mengobatinya yaitu dengan siapkan bunga krisan dan keringkan. Lalu siapkan daun meniran, daun mint, dan kulit jeruk mandarin dengan takaran yang sama. Lalu rebus semua bahan tersebut hingga mendidih, saring dan tambahkan madu serta beri perasan jeruk lemon. Minum ramuan ini 2 kali sehari.

6. Ramuan Kayu Manis

Ramuan selanjutnya untuk mengobati masalah ISPA dengan menggunakan ramuan tradisional alami dengan bahan yang sangat mudah didapatkan yaitu dnegan mengunakan bahan seperti :

  • 1 rimpang jahe
  • 5 biji cengkeh
  • 1 jari kayu manis

Cara membuat ramuan tersebut adalah dengan merebus 3 bahan ramuan tersebut dengan 2 gelas air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas saja. Minum ramuan tersebut setiap hari secara rutin.

7. Bayam Duri

Cara selanjutnya untuk membatu mengobati masalah ISPA adalah dengan menggunakan bayam duri. Selain untuk mengobati ISPA, bayam duri juga amopuh digunakan untuk mengobati TBC kelenjar. Cara mengobati ISPA dengan bayam duri dapat dilakukan beberapa cara berdarasarkan penyebabnya sperti dibawah ini :

  • Untuk mengobati radang saluran pernapasan: sediakan seperempat genggam daun bayam duri yang sudah dicuci bersih, dan digiling halus. Campurkan dengan 3 sendok air hangat dan beri sedikit garam, kemudian diperas dan disaring airnya. Ramuan ini diminum 2 kali sehari.
  • Untuk menghilangkan sakit pada tenggorokan: Ambil 45 gram akar segar bayam duri kemudian dicuci bersih, direbus dan diminum airnya.
  • Untuk mengatasai demam akibat ISPA: Ambil segenggam daun bayam duri yang masih segar kemudian dicuci dan digiling sampai halus. Tambahkan sedikit air dan gunakan sebagai tapal di dahi.

sumber : https://www.bukumedis.com/tips-dan-cara-mengobati-ispa-secara-alami/