entry image

Upaya Pembinaan Anak Dan Remaja Yang Berkarakter Dan Berbudaya Dalam Kehidupan Keluarga

Tim Penggerak PKK Provinsi Riau melalui Pokja I menggelar kegiatan Pembinaan kader PKK Kabupaten Kota khususnya pola asuh bagi anak remaja, kegiatan ini diikuti kurang lebih  40 peserta.

Adapun tujuan penyuluhan ini adalah untuk memberikan wawasan bagi para kader kiat-kiat pola asuh bagi anak dan remaja dalam upaya mewujudkan pendidikan yang berkarakter dalam keluarga.

Plt. Ketua TP PKK Provinsi Riau Hj. Rosmiati Saleh, dalam sambutannya yang diwakili T.Hidayati Effiza menyampaikan, menyambut baik kegiatan penyuluhan Pola asuh anak dan remaja ini untuk lebih memberikan pencerahan bagai para kader dalam memberikan bimbingan kepada kaum ibu didaerahnya tentang pola asuh anak dan remaja yang tepat dan benar.

Menurut T.Hidayati, Pola pengasuhan anak dan remaja, perlu dilakukan dengan penuh cinta dan  kasih sayang dalam keluarga, dalam uapaya mewujudkan keluarga yang sehat, maju, mandiri dan sejahtera.

Hidayati juga menyebutkan, anak adalah amanah Tuhan yang diberikan kepercayaan kepada manusia. Pertumbuhan dan perekembangan anak sangat bergantung kepada orang tua terutama ibu dalam keluarga, termasuk lingkungan sekitarnya sangat berpengaruh terhadap perkembangan anak dan remaja.

Pedoman Pola Asuh ini merupakan merupakan pola atau acuan dalam upaya pendidikan berkarakter dalam keluarga. Perlu dipahami bahwa pedoman Pola Asuh anak dan remaja memuat pesan-pesan pokok secara umum yang didukung oleh berbagai petunjuk teknis. Hal ini bahwa anak dan remaja penuh cinta kasih dan kasih sayang padat dengan informasi tentang pengasuhan yang dapat dimanfaatkan oleh semua pemangku kepentingan di semua jenjang pemerintahan masyarakat dan keluarga.

T. Hidayati menjelaskan, bahwa program Pola Asuh Anak dan Remaja  dalam keluarga merupakan program unggulan gerakan PKK, dalam upaya pembinaan karakter dalam kehidupan keluarga penuh cinta dan kasih sayang dengan menanamkan karakter berbudaya, serta  berkepribadian Indonesia, melalui keteladanan orangtua agar anak bertumbuh dan berkembang sejak usia dini yang holistic integratif dengan memiliki nilai-nilai sosial dan semangat kepedulian kepada sesamanya.

Sementara itu T. Rahimah  sebagai nara sumber menyebutkan, Anak dan Remaja bertumbuh dan berkembang melalui beberapa tahapan, setiap tahapan memiliki kebutuhan dan resiko. Bila Kebutuhan tidak terpenuhi maka akan timbul resiko. Pengasuhan anak dilakukan secara turun temurun, sebutnya.

Pengasuhan anak adalah cara mengasuh anak dan remaja sebagai kegiatan dalam memelihara, membimbing, membina dan melindungi anak untuk kelangsungan hidup. Perkembangan dan pertumbuhan yang selalu selaras dan seimbang baik fisik maupun mental, tutupnya. (HAS)