entry image

Menyulap Sampah menjadi Barang Berharga

Jika kita mendengar kata sampah pasti yang terlintas dalam pikiran kita hal-hal yang kotor, bau, menjijikkan, tidak berguna bahkan berbahaya bagi kesehatan dan seterusnya. Tetapi tidaklah demikian, jika kita memahami makna kata sampah yang sesungguhnya.Sampah adalah suatu bahan yang terbuang atau dibuang dari sumber hasil aktivitas manusia maupun proses alam yang belum memiliki nilai ekonomis.

Sampah dibedakan menjadi sampah organik dan sampah anorganik . Sampah Anorganikberasal dari sumber daya alam tak terbarui seperti mineral dan minyak bumi, atau dari proses industri. Sampah jenis ini pada tingkat rumah tangga, misalnya berupa botol kaca, botol plastik, tas plastik, dan kaleng. Sampah Organik terdiri dari bahan-bahan penyusun tumbuhan dan hewan yang berasal dari alam atau dihasilkan dari kegiatan pertanian, perikanan, rumah tangga atau yang lain. Sampah ini dengan mudah diuraikan dalam proses alami. Sampah rumah tangga sebagian besar merupakan bahan organik.

Sampah-sampah organik, seperti sisa makanan, sayuran, buah-buahan, dan daun-daunan. Sampah jenis ini dapat dimanfaatkan untuk diolah menjadi kompos. Sampah-sampah anorganik yang bermanfaat, seperti kertas bekas, plastik, gelas/kaca. Sampah keras dapat dimanfaatkan kembali menjadi kertas daur dan memiliki nilai ekonomis Kertas daur ulang dapat dibuat berbagai macam hasil karya yang sangat berharga.

Jangan buru-buru membuang botol bekas, apalagi yang modelnya terasa unik. Sebab, barang yang tampaknya tak berguna itu dengan sedikit "sentuhan" bisa diubah menjadi produk yang memiliki nilai jual. Misalnya Irina Cananu (40) perempuan Romaniasejak sekitar lima tahun lalu, kini hasil usahanya "mengubah" botol bekas dan kulit telur telah menghasilkan pendapatan sampai jutaan rupiah.Ternyata banyak juga orang yang tertarik membeli botol lukis ,pesanan botol lukis juga mengalir. Sementara lukisan pada kulit telur biasanya ramai dipesan orang pada hari-hari dekat Paskah.

Sampah plastik dapat digunakan kembali dengan didaur ulang yang menghasilkan bermacam-macam produk baru yang berharga 

Sumber : kompasiana.com